Rabu, 24 November 2010

SAMPLING DALAM ANALISIS


SAMPLING DALAM ANALISIS
Definisi.                                                             
Sampling bukanlah suatu pengembangan modern tetapi pendahuluan metode statistik dan kontrol kualitas dalam berbagai industri telah berperan banyak terhadap kedudukanya  sekarang ini. Penarikan sampel membutuhkan pengalaman. Dalam teknik sampling  terdapat istilah-istilah yang perlu dimengerti secara jelas, misalkan sampel  adalah bagian terpilih dari materi yang memiliki sifat –sifat yang pada dasarnya sama dengan keseluruhan materi . Suatu prosedur sampling terdiri atas langkah-langkah sampling yang berhasil. Suatu unit sampling dapat didefinisikan  sebagai besar paket minimum materi  yang diambil dari setiap unit sampling. Sedangkan sampel bruto adalah satu yang dipersiapkan dengan mencampur berbagai penambahan bersama. Suatu subsampel adalah suatu sampel bruto dengan ukuran lebih kecil. Sampel analisis adalah banyaknya sampel yang diambil untuk di analisis.

Teori Sampling
Suatu sampel yang ideal harus memiliki semua sifat itensif yang identik dengan keseluruhan materi darimana ia berasal.Faktor-faktor yang harus diperhatikan terutama adalah variasi yang diperbolehkan dalam materi, ketepatan mtode pengujian dan keadaan dari materi yang digunakan.
Terdapat banyak kekeliruan yang nyata didalam sampling yang kita beri istilah kecerobohan sampling . Sebagai contoh , adalah suatu hal yang ceroboh menerima materi untuk dianalisis tanpa suatu pengetahuan mengenai latar belakangnya. Pemilihan yang random adalah sumber suatu penyimpangan dalam sampling. Pemisahan ukuran partikel  dapat pula menghasilkan kesalahan yang serius. Tindakan –tindakan ini dapat mengubah komposisi sampel dan ini harus dihindarkan. Pita perekat yang biasa digunakan tidak boleh dilekatkan langsung pada sampel mineral atau bijih-bijihan karena dapat menghasilkan informasi yang keliru tentang adanya seng oksida darin pita perekat.

Teknik Sampling
Berbagai teknik sampling gas-gas, cairan , padatan akan dibicarakan. Gas biasanya dikumpulkan dengan penghisapan, bilas, pemindahan dengan suatu  cairan dan diekspansikan dalam suatu wadah vakum . Sifat fisika dari pengotor (KONTAMINAN) akan mempengaruhi metode sampling . Di dalam cairan murni atau cairan homogen  tentu prosedurnya sederhana karena biasanya cairan bersifat homogen. Terakhir di dalam hal sampel padat , sampling suatu padatan menciptakan suatu variabel  yang tidak dijumpai dalam sampling cairan , yakni perbedaan  ukuran partikel . Oleh karena itu sampel yang digerus harus lebih disukai dari padatan heterogen. Umumnya sampling dengan tangan ,tidak teliti. Saat ini mesin sampling mekanis banyak digunakan secara ekstensif  karena alat tersebut lebih teliti  dan lebih cepat untuk mengumpulkan sampel daripada sampling dengan tangan . Keseluruhan cara-cara sampling mekanis diatas, kesempurnaan pencampuran adalah yang paling penting .Materi-materi yang halus dapat disampling menggunakan tabung sampling yang disebut  thief . Kadangkala, thief ini brtindak juga mengukur secara cepat untuk sampling  padatan dan cairan . Ditinjau dari prosedur sampling, dapat disimpulkan : materi yang akan dijadikan  sampel harus dipecah menjadi satuan sampling nyata atau imajiner. Sangat berguna mengetahui varians relatif diantara satuan dan dalam satuan sampling itu sendiri. Dengan melakukan analisis varians pada sampling berstrata maka dapat ditentukan apakah stratifikasi perlu dilanjutkan pada semua tingkat. Secara umum beberapa stratifikasi akan bermanfaat. Untuk materi tertentu ukuran sampel haruslah ukuran maksimum dari partikel.

Kesimpulan
·       Pengetahuan yang baik dari proses sampling ( penarikan sampel) dan tujuan analisis dapat menghindarkan kekeliruan yang dapat terjadi
·       Tingkat kepercayaan suatu data analisis bergantung pada cara sampling yang digunakan dalam suatu analisi sampel
·       Sampel harus bersifat mewakili( representatif) keseluruhan bahan yang akan dianalisis dan harus homogen.
·       Analis yang baik harus sudah mengerti dan mengetahui dengan baik penting nya sampling, latar belakang statistik sampel, metode umum sampling, pengetahuan mengenai cara – cara pemindahan dan penyimpanan sampel secara benar.

Daftar Pustaka
·       Saptorahardjo, A., Agus (1990).Konsep Dasar Analisis Sampling.Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

1 komentar:

  1. Merkur Slant Bar Brushed Stainless Steel Blade | Titanium Arts
    This polished stainless steel titanium bike frame razor is a genuine brass plated 2017 ford fusion energi titanium stainless steel blade with an open comb design. The stainless steel blade titanium white fennec exposes the blade of the titanium flat irons razor blade  cerakote titanium Rating: 4.9 · ‎2 reviews

    BalasHapus